Tips Menulis Cerpen

menulis dengan hati itu membawa emosi pada tulisan Anda

Bacaan yang bagus itu yang mudah dipahami pembaca. Baik ceritanya maupun tulisannya. Sudah jadi tugas penulis untuk memenuhi keinginan pembaca. Berikut tips menulis cerpen yang mudah-mudahan bisa membantu Anda menulis lebih baik:

  • Cari Ide Cerita yang Menarik

Cerita bagus tidak mesti temanya orisinil. Tidak sedikit cerita dengan tema sama. Contohnya kisah cinta berbeda status. Ada banyak cerita bertema itu, mulai dari kisah Layla dan MajnunRomeo dan Juliet sampai Love Story.

Kesuksesan Love Story jadi bukti bahwa tema yang sama tidak jadi masalah.

  • Pakai kata-kata sederhana/mudah dimengerti

Jika ingin menceritakan malam. Ya tulis saja malam tiba. Tidak usah menulis “Tirai hitam telah menutupi bumi, menyelimuti seisinya.” Jangan membuat pembaca repot mengartikan sendiri. Jangan buat pembaca pusing. Pembaca ingin hiburan.

  • Menulis Dengan Kalimat dan Paragraf Pendek

Kalimat dan paragraf berguna bagi pembaca dan juga penulis. Pembaca lebih mudah membaca kalimat pendek. Lebih mudah dipahami. Bagi penulis, menulis kalimat pendek membantu penulis menulis lebih cepat.

  • Menulislah Dengan Hati

Agak sulit menjelaskannya. Tapi menulis dengan hati itu membawa emosi pada tulisan Anda. Anda akan lebih jujur atau tidak dibuat-buat. Ketika Anda menulis cerita komedi, pastikan Anda menulis dengan perasaan senang.

Demikian tips menulis cerpen. Semoga bermanfaat.

* *

Baca juga: Tips Menulis Cerpen Untuk Pemula

Default image
Hermawan
Ayah penuh waktu. Menulis sepenuh hati. Pernah gagal jadi model

Komentar