Tidak Ada Jalan Pintas

Novel Carrie pernah ditolak 30 penerbit

“If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot. There’s no way around these two things that I’m aware of, no shortcut.” -Stephen King

Terjemahannya kira-kira begini:

“Kalau Anda ingin jadi penulis, Anda harus melakukan dua hal ini: banyak baca dan banyak nulis. Tidak ada jalan pintas.” – Stephen King.

Stephen King sudah menulis puluhan novel dan ratusan cerita pendek. Buku-bukunya sudah terjual lebih dari tiga ratus juta kopi. Karyanya sudah banyak difilmkan, yang salah satunya nangkring di posisi pertama dari 250 film terbaik versi imdb.com. Judulnya The Shawsank Redemption. Bukan cerita horor.

King memang lebih terkenal dengan karya horornya. Tapi ia juga menulis cerita drama, bahkan tidak sedikit cerita anak-anak. Salah satu contohnya serial Dark Tower itu.

Jujur saja, saya belum pernah selesai baca karya Stephen King. Di rumah ada novel Carrie. Buku pertama King itu. Tapi entah saya yang kurang bisa nangkep atau terjemahannya yang kurang asik. Untungnya saya udah nonton versi filmnya. Yang bintangnya Sissy Spacek dan Chloe Grace Moretz. Satu-satunya novel Stephen King yang hampir selesai dibaca judulnya Misery. Yang edisi bahasa Inggris. Yang saya baca dengan susah payah karena bahasa Inggris saya memang payah. Sampai akhirnya memutuskan nonton filmnya saja.

Oh, saya lupa. Saya pernah selesai baca salah bukunya. Judulnya On Writing itu. Buku non-fiksi. Ceritanya setengah biografi. Tapi lebih banyak bercerita tentang menulis. Itu buku bagus. Sangat bagus.

King memang bukan kebetulan jadi penulis. Ia sudah menulis dari kecil. Sudah bikin komik sendiri bersama abangnya. Novel Carrie pernah ditolak 30 penerbit sebelum akhirnya diterbitkan Double Day. Bahkan sebelum novel itu selesai, baru draft pertama, King sudah putus asa. Draft-nya dibuang ke tempat sampah. Keesokan harinya, istrinya memungutnya dan meminta King untuk meneruskannya.

King banyak memberi nasehat dan kritik buat penulis pemula. Terutama yang dua tadi itu:  banyak baca dan banyak nulis. King selalu mengulang-ulang nasehat itu.

So, kalau sang maestro-nya saja sudah kasih tahu resepnya, sebaiknya jangan dibantah. Lakukan saja. Mau cari cara apalagi? Toh King juga pernah bilang tidak ada jalan pintas jadi penulis.

* *

Default image
Ali
Pria tampan nan ganteng ini (masih) tinggal di Bekasi

Komentar