Akankah Ada Defending Jacob Season 2 ?

Dalam novelnya juga ceritanya habis sampai di situ. Tidak ketahuan siapa pembunuh Ben.

Defending Jacob episode finale baru saja tayang. Sedikit kecewa sih mengingat masih belum ketahuan siapa pembunuh Ben Rifkin.

Dari kedelapan episode itu, saya pikir episode 7 yang paling bagus. Yang sudah masuk babak persidangan Jacob itu. Seru. Andrew Barber, sang ayah, ikut jadi pembela. Di sini terjadi adu argumen dan strategi. Antara Joanna Klein, pengacara Jacob, melawan jaksa. Makin seru saat saksi-saksi dihadirkan. Beberapa saksi awal tidak memberatkan Jacob. Hingga Jaksa menghadirkan Derek Yoo, teman sekolah Jacob.

Di depan sidang, Derek membacakan kisah pembunuhan yang ditulis dan diunggah Jacob di sebuah website horor tiga hari setelah pembunuhan itu. Kisah itu mirip pembunuhan Brent. Dengan nama samaran tentunya. Si tokoh, yang bernama Job itu, membeberkan dengan detail cara membunuhnya. Jacob terpojok. Sidang rehat.

Pihak Jacob memikirkan strategi baru, termasuk menghadirkan Sarah, teman sekolah Jacob. Termasuk membawa foto setengah bugil Sarah itu. Yang bisa saja menyeret Derek kedalam kasus. Tapi Jacob menolak. Di sisi lain, Laurie Barber, ibunya Jacob, sangat emosional. Dia berharap anaknya tidak bersalah, namun bagian dirinya yang lain mengatakan Jacob-lah pelakunya. Di ujung film, Leonard Patz menulis sebuah surat pengakuan bahwa ialah yang membunuh Brent.

Berlanjut ke episode 8, yang melanjutkan secuil adegan di ujung episode 7 itu.

Jacob bebas dari tuduhan pembunuhan, sementara Patz ditemukan gantung diri setelah menulis surat itu. Tapi Andrew Barber curiga dengan cara mati Patz. Ia yakin Pendeta O’Leary, yang pernah menguntitnya itu, orang suruhan Billy Barber. Billy mengirim O’Leary untuk memaksa Patz menulis surat pengakuan palsu dan setelah itu membunuhnya. Billy tidak ingin cucunya dipenjara.

Andrew berusaha merahasiakannya dari Laurie. Ia mencoba memulai kehidupan baru dengan berhenti dari pekerjaannya, menjual rumahnya dan membawa keluarganya liburan tahun baru ke Mexico.

Di sana Jacob dapat teman baru, seorang perempuan bernama Hope. Ia dan Hope seharusnya pergi merayakan tahun baru, tapi tidak jadi. Malam itu Hope menghilang. Paginya Jacob dibawa polisi sebagai saksi karena menjadi orang terakhir yang pergi bersama Hope. Malam harinya Andrew terpaksa menceritakan perihal kematian Patz kepada istrinya. Yang dibunuh orang suruhan ayahnya itu. Laurie Barber tampak stress berat dan semakin yakin puteranya itu seorang pembunuh.

Puncaknya ketika Laurie mengantar Jacob potong rambut. Dia bertanya pada Jacob apakah ia membunuh Ben atau tidak. Jacob merasa heran dengan pertanyaan itu. Ia menjawab tidak membunuhnya. Tapi Laurie terus mendesak. Dia memacu mobilnya sekencang-kencangnya sambil berteriak menanyakan pertanyaan yang sama. Jacob menyangkalnya, tapi ia juga menjawab ‘iya’, atau ia akan mengatakan apa pun asalkan ibunya memelankan mobilnya. Tapi Laurie terus ngebut hingga akhirnya mobil mereka menabrak dinding.

Di episode finale itu menjelaskan sebenarnya ada dua sidang yang diikuti Andrew Barber. Satu, persidangan puteranya itu. Dua, ia sebagai saksi terhadap tuduhan istrinya yang sengaja menabrakkan mobil untuk membunuh Jacob.

Kalau mengikuti novelnya maka tidak akan ada season 2 mengingat Jacob tewas dalam kecelakaan itu. Apalagi, katanya pihak Apple TV, sebagai produser, tidak butuh season 2. Toh, dalam novelnya juga ceritanya habis sampai di situ. Tidak ketahuan siapa pembunuh Ben. Tapi dengan selamatnya Jacob di versi film, akankah membuka peluang untuk dibuat season 2, untuk mengungkap pembunuh Ben Rifkin?

*  * 

Default image
Rachmadini
Asli Majalengka. Tinggal di Jakarta
Leave a Reply